CARA TEPAT MENGATASI KERACUNAN

Ketika anak keracunan makanan, jangan panik. Kalau anda panik, kondisi ini malah bisa memburuk. Agar tidak salah bertindak, teliti dulu kondisi si kecil.

Apa saja gejalanya ?
Kram perut , Demam , Muntah-muntah
Sering BAB yang bercampur darah, nanah atau lendir
Merasa lemas dan menggigil , Kehilangan nafsu makan

Catatan , muntah-muntah dan buang air besar jadi jadi masalah serius pada bayi atau balita.,karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Berapa Lama Gejala Akan Alami?
Gejala keracunan makanan dapat terlihat sekitar 4-24 jam setelah si kecil terkontaminasi makanan yang beracun. Gejala ini bisa berlangsung sekitar 3-4 hari. Tapi bisa jadi lebih lama lagi, jika anak yang keracunan tak sengaja masih mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Catatan : Gejala akan lebih cepat terlihat pada anak kecil, karena tubuhnya lebih rentan. Misalnya, hanya 2 jam setelah ia mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Tindakan Pertama Yang Harus Dilakukan
Jika ia muntah-muntah dan sering BAB, perika suhu tubuhnya. Siapa tahu ia juga ia demam, periksa juga tinjanya. Apakah ada lendir atau darah ? Baringkan si kecil dan jangan beri makanan yang harus dikunyah dulu. Sebagai gantinya, berikan oralit sedikit demi sedikit. Jika anda tidak punya oralit, beri saja air yang dicampur dengan garam dan gula. Coba telusuri lagi apa yang menyebabkan anak keracunan.

Kapan ke Dokter ?
Jika ia muntah dan diare terus , sementara asupan cairan tidak bisa maksimal
Jika ia masih bisa dan mau minum, tetapi kondisinya tidak membaik dalam jangka waktu 12 jam, ia masih saja diare dan demam

Catatan : Jika dokter anda tidak bisa segera menanganinya, cepat bawa si kecil ke UGD rumah sakit terdekat. Bisa jadi, ia perlu diinfus.Wallahua'lam..















Thanks for reading: CARA TEPAT MENGATASI KERACUNAN

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails