CARA MEMELIHARA BROILER

Broiler atau ayam negri merupakan jenis ayam yang memiliki kecepatan pertumbuhan daging yang sangat tinggi. Hanya dengan pemeliharaan 35 hari saja ukuran bobot ayam bisa mencapai sekitar 2 - 2,4 kg. Akan tetapi seiring dengan kelebihan genetik tersebut terdapat kekurangan dalam ketahanan tubuh ayam broiler diantaranya mudah terserang penyakit seperti lumpuh, pernafasan bahkan kematian mendadak. 

Ada beberapa trik dalam pemeliharaan broiler yang belum diketahui dalam mengatasi masalah di atas diantaranya:

  1. Vaksin, berikan ragi roti seperti 'fermipan' sebagai vaksin alami agar ketahanan tubuh anak ayam (doc) terjaga. Ragi bubuk instan tersebut berisi mikroba saccharomyces cerevisiae sehingga saat doc dewasa jika ada mikroba seperti virus atau bakteri merugikan menyerang tubuh ayam sudah terbiasa. saccharomyces cerevisiae berfungsi menguraikan karbohidrat dalam perut ayam sehingga karbohidrat tersebut mudah dicerna oleh usus ayam.
  2. Puasa, seperti halnya hewan lain ayam pun butuh istirahat agar tubuhnya tidak mudah terserang penyakit. istirahatkan ayam 2 - 3 jam dengan cara mematikan lampu di malam hari, caranya lampu kandang baru dihidupkan pada jam 09 malam setiap hari sampai usia ayam 3 minggu. Jadi ada waktu 3 jam dari jam 06 - 09 malam agar ayam bisa istirahat. Selain itu pembentukan antibodi pada tubuh ayam tidak akan terjadi jika ada cahaya lampu.

Wallahua'lam...


Thanks for reading: CARA MEMELIHARA BROILER

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...