CARA MENGOBATI DIARE

Dengan kunyit
Bayi yang terserang diare dapat diatasi dengan kunyit. Ambil satu ruas kunyit kemudian diparut. Campur dengan sedikit kapur sirih. Ramuan ini dibubuhkan/diborehkan disekitar perut bayi kecuali pusar. Dalam waktu singkat diare akan mampet.
Anak-anak,remaja atau orang dewasa yang diare dapat juga diatasi dengan ramuan kunyit. Caranya, ambillah empu kunyit 3 ruas, parut dan ambil airnya. 1/2 gelas air kunyit ditambah 1 sendok teh madu murni dan sebutir kuning telur ayam kampung. Aduk sampai rata kemudian diminum. Ramuan ini diminum 2 kali sehari dan dalam dua hari berturut-turut akan dapat menghentikan diare.


Dengan Pisang klutuk/pisang batu
Ambil 5 buah pisang batu muda, cuci bersih dan diparut. Kemudian diperas untuk diambil sarinya, tambah dengan sedikit garam dapur. Ramuan ini diminum oleh ibu bayi. Setelah menyusu, bayi yang diare akan segera sembuh.


Dengan garut
Garut juga dinamai nggarut, salarut, waerut, irut, angkrik, jelarut, arus dll. Tanaman semak yang dimanfaatkan adalah rimpangnya, hampir seperti lengkuas. Garut yang sudah diolah menjadi tepung diambil 1 sendok makan, gula 1 sendok makan, garam 1/4 sendok teh, daun jambu biji 7 lembar, air 100 ml. Dibuat infus. Diminum 3 kali sehari, tiap minum 100ml.


Dengan kulit manggis
cuci bersih kulit manggis lalu dipotong-potong. rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan airnya tinggal setengahnya. Diminum 3-6 kali sehari.


Dengan Kayu secang
Serut dan potong kecil kira-kira 5 gr kayu secang. Rebus dengan air 1/2 liter. Biarkan mendidih selama 15 menit. Setelah dingin,saring dan dibagi dua untuk diminum pada pagi dan sore hari.


Dengan akar cincau
Akar cincau yang sudah dicuci bersih lalu dimasukkan dalam gelas dan beri air panas. Biarkan hingga suam kuku setelah itu disaring dan airnya diminum.


Dengan daun kayu putih
Ambil daun kayu putih yang sudah kering segenggam lalu rebus dengan air 1/2 liter. Setelah air tersisa setengahnya, saring dan minum setelah dingin. Wallahua'lam..


Thanks for reading: CARA MENGOBATI DIARE

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...