CARA MUDAH MENGHITUNG DISKON

Kisah I

Waktu jalan-jalan ke mall, tadinya sih cuman liat-liat doang, eh akhirnya jadi beli sesuatu
(biasa pengaruh “pesta diskon” :) ).
Dari harga Rp.125.000, saya dapet discount 20%.
Lalu iseng nanya, “ jadinya berapa mbak ?”.
Penjaga counter langsung ngambil kalkulator. Kutak-ketik, kemudian dia memberitahukan
“ jadinya 100.000 rupiah “.
Yang menarik perhatian, kok kutak-ketiknya agak lama banyak ya?, sempet ngintip liat sih, rupa-rupanya dia mengerjakan perhitungan dalam dua langkah:

  • Mencari 20% dari 125.000
    125.000 x 20/100 = 25.000
  • Mengurangi harga semula dengan discount
    125.000 – 25.000 = 100.000
Hakikat discount
Coba kita lihat lagi, apa sih discount itu ?.
Saya menerjemahkan discount seperti ini : dis = tidak , count = menghitung.
Jadi discount artinya “ tidak dihitung ” atau ” jangan dihitung ”
sehingga kalo dapet discount 20%, berarti jangan menghitung yang 20%, atau cukup hitung yang 80 % saja.
Nah dengan pengetahuan sederhana ini, sebenarnya kasus tadi bisa dihitung dalam satu langkah:
80 : 100 x 125.000 = 100.000
Renungan :
Kalo muncul dalam soal, berarti soal ini melarang kita ngitung yang 20%, namun biasanya malah dihitung. Jadi ribet lucu kan ? :)
Aku pikir, mungkin gara-gara “discount” di Indonesiakan jadi “diskon” kali ya, jadi agak kehilangan makna.
Kisah 2 : Discount Ganda
Setelah membuat nota, aku lanjutkan lagi liat-liat. tepat dipojokan ada promosi discount lagi, namun dengan sedikit variasi : Discount 30% dan masih ditambah lagi dengan discount 40%.
wah asyik nih, jadi 70% bo :) , sayangnya tidak seperti itu !! :( .
jadi sebenarnya berapa yang harus kita bayar ?
Nah, supaya gampang kita ambil contoh:
Misal harga barang Rp. 300.000 di discount 30% kemudian 40%
Cara I :
  • menghitung dulu discount 30 %
    30 : 100 x 300.000 = 90.000
    jadi 300.000 – 90.000 = 210.000
  • lalu di discount lagi 40%
    40 : 100 x 210.000 = 84.000
  • jadi yang harus dibayar : 210.000 – 84.000 = 126.000
Cara II : tidak menghitung discountnya
ingat : discount 30 % berarti harus bayar 70 % , dan discount 40% berarti harus bayar 60%
  • jadi 60 % x 70 % x 300.000 = 126.000

gampangkan ? cukup satu langkah mudah, kalo pake kalkulator jadi gak bolak-balik mengali dan mengurangi.
Ok itu harganya, kalo penasaran sebenarnya discount yang diberikan berapa sih?
yang kita bayar : 60 * 70 : 100 % = 42 %, jadi discount sebenarnya adalah 58% bukannya 70%.
Sempet kepikir, kenapa gak langsung ditulis 58% ?, bikin ribet aja , tapi ya…namanya juga trik pasar, orang awam jadinya kan berharap mikir lebih..he2
Renungan 2 :
Cara seperti ini, bisa dijadikan contoh penggunaan konsep komposisi fungsi yang konstekstual.Dalam contoh kita di atas 30 % lalu didiscount lagi 40%, bisa kita modelkan :
  • f(x) = 70 % x
  • g(x) = 60 % x
  • jadi : (gof)(x) = g(f(x))
Dengan x = harga barang.
Bonus:
Ada lagi soal sederhana seperti ini :
Pak Amir membeli kursi seharga 1.200.000, kemudian dia menjualnya lagi dengan keuntungan sebesar 18 %. Berapakah harga kursi itu dijual ?
Jawab :
Cara I :
  • Menghitung 18% dari 1.200.000
    18 % x 1.200.000 = 216.000
  • Menghitung penjualan = harga awal + keuntungan
    1.200.000 + 21600 = 1.416.000
Cara 2:
Namanya keuntungan, berarti bertambah. Jadi sebenarnya kita tinggal menghitung langsung:
118 % x 1.200.000 = 1.416.000
Lho kok ada 118 % ?, bukannya maksimum itu 100% ?
he..he…yang ini mah gak perlu dijelasin kan ?
Wallahua'lam...


http://matematikadasar.wordpress.com/2009/02/03/cara-gampang-menghitung-diskon/
Thanks for reading: CARA MUDAH MENGHITUNG DISKON

9 komentar:

Krisna said...

jago matematika nih, kadang memang hal2 sepele seperti justru tidak diperhatikan

Galaktosa said...

krisna, kalo disebut jago sih nggak juga.. :D tapi semoga bisa membantu menghitung dgn cepat. makasih komentnya sob!

Anonymous said...

Makasih infonya :) thumbs up :)

Incredible Blog said...

makasih infonya :D konyol tp bermutu (y)

Anonymous said...

Makasih!Gan Atas Infonya

Dhimas Fauzi said...

sama-sama

M Said Hawwa said...

SAYA mw tanya bagaemana cara hitung :
apabila harga jual : 675.000 dan harga beli : 500.881, berapa persen kah diskon yang akan diberi dari harga jual harus pas dengan harga beli.?
harga jual x …..% = harga beli
( 675.000 x …% = 500881

karina beauty said...

ALAT BANTU SEX PRIA
Boneka Full Body
Vagina Senter Elektrik
Vagina Ngangkang Getar Suara
Vagina Getar Goyang Suara

ALAT BANTU SEX WANITA
Penis Ikat Pinggang
Penis Maju Mundur Getar Putar
Penis Pompa Elektrik
Penis Tempel Elektrik
Penis Tempel Manual
Penis Sakky Mini Elektrik

OBAT TAHAN LAMA
Viagra
Obat Tahan Lama
Obat Kuat
Procomil Spray
Cream Tahan Lama
Obat Kuat Sex
Obat Impoten

Cerita Dewasa
Perawatan Tubuh

karina beauty said...

PEMBESAR PENIS
Alat Pembesar Penis
Pro Extender
Celana Pembesar Penis
Obat Pembesar Penis
Pembesar Penis
Vigrx Plus Asli
Oil Qum Araby
Minyak Lintah Papua

OBAT PERANGSANG
Permen Valentine
Permen Karet Perangsang
Ailida Candy
Sex Drops
Obat Perangsang Cair
Blue Wizard
Obat Perangsang Wanita
Obat Perangsang
Perangsang Cair
Black Ant Cair
Black Ant Serbuk
Perangsang Wanita Serbuk
Gel Perangsang Wanita

KONDOM SILIKON
Kondom Getar
Kondom Mutiara
Kondom Lele Berduri
Kondom Duri
Kondom Berotot
Kondom Sambung
Kondom Sambung Jumbo
Ring Penis

OBAT PENYUBUR SPERMA
Semenax

PEMBESAR PAYUDARA
Alat Pembesar Payudara
Cream Pembesar Payudara

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails